expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 31 Januari 2014

Menyerah...

Huffth... ingat beberapa waktu lalu saya pernah menulis bahwa saya pernah mencoba meng-install bluestack karena ingin mencoba mencicipi yang namanya blackberry messanger (BBM)? Sampai saat ini, saya masih terus penasaran.
Saya beranggapan bahwa sinyal ketika saya berada di rumah suami saya (yang berada di pegunungan) tidak mumpuni. Saya pun pergi ke rumah orang tua saya, kebetulan juga karena ayah menggunakan sp**dy. Akhirnya di sana saya kembali mencoba meng-install bluestack, tapi hasilnya tetap sama. Kemudian saya gugling lagi untuk mencari emulator selain bluestack. Saya menemukan youwave, jar of beans, android sdk, dan genymotion. Kita bahas satu-satu mengenai pengalaman saya.
Pertama, youwave. Katanya ini adalah emulator yang bagus selain bluestack, tapi berbayar. Baiklah, saya lebih suka yang gratisan :D
Kedua, jar of beans. Emulator ini katanya ga perlu di install dan portable. Tapi beeeuuuuh... proses instalasinya lama sekali dan emulator ini membawa aplikasi-aplikasi lain seperti fix my registry, speed for pc, browse apps hat, dll. Saya tidak suka aplikasi-aplikasi yang terselubung seperti itu. Saya batalkan secara paksa proses installasi emulator ini. Kenapa secara paksa? Karena sebenarnya proses installasinya tidak bisa dibatalkan sehingga saya harus mematikan laptop saya (dan melepaskan kabel internet) kemudian menyalakannya lagi setelah itu meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang terbawa oleh emulator ini.
Ketiga, android sdk. Emulator ini sangat besar sekali, sekitar 480MB. Setelah berhasil saya unduh (hampir seharian, karena memang sedang tidak stabil), saya bisa menjalankan android pc. Saya berteriak kegirangan. Setelah kesana kemari mencari petunjuk menjalankan bbm.apk, saya segera melaksanakannya. Tapi apa daya, bbm.apk sama sekali tidak dapat ter-install di android pc saya :(
Keempat, genymotion. Saya tidak berminat untuk meng-installnya karena sudah kecewa, mungkin laptop saya memang tidak sesuai untuk menjalankan aplikasi bbm :\
Sebenarnya keempat emulator di atas itu dapat berfungsi dengan baik dan cepat bila spesifikasi laptop/pc memang bagus. Karena tidak sedikit teman-teman blogger yang menceritakan pengalaman mereka, tapi tidak dengan saya :'(.
Jadi kesimpulan saya, memory dan RAM harus lebih dari 2GB, jangan lupa mengecek VGA.
Tapi, ada satu masalah saya, yaitu saya tidak bisa me-remove android sdk dari laptop saya. Ada teman-teman yang mau membantu saya?

1 komentar: