expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 25 Januari 2014

Membuat Bunga dari Kain Perca


Selama ini saya bingung karena banyaknya kain perca yang berceceran di rumah saya. Awalnya sih hanya dibuang-buang begitu saja. Kemudian ketika saya membuka-buka file di sebuah grup di facebook, saya tertarik untuk membuat sesuatu dari kain perca.
Mudah sekali caranya, sayangnya saya tidak sertakan foto karena saking senangnya membuat kerajinan saya jadi lupa memotretnya, hehe...
Berikut tutorialnya dari saya.

Pola 1: Buat sebuah lingkaran di kain perca (diameter kurang lebih 4cm), kemudian potong menjadi setengah lingkaran. Nah, yang setengah lingkaran itu kemudian dilipat menjadi dua dan mulailah menjahit jelujur di bagian yang agak melingkar (maaf, saya tidak tahu istilahnya). Buatlah sebanyak enam panel kemudian disatukan dan beri hiasan ditengahnya untuk menutupi jahitan hehe. Hasil akhirnya seperti disamping ini.

Pola 2: Buat sebuah lingkaran di kain perca (diameter kurang lebih 4cm), kemudian potong menjadi dua bagian berbentuk setengah lingkaran. Setengah lingkarang tersebut kemudian dilipat berbentuk segitiga, pegangi kedua sisinya dan kemudian jahit ujungnya, buat sebanyak kurang lebih 10 petal. Satukan ke-10 petal tersebut dan beri hiasan kancing di tengahnya. Bros bunga siap menjadi aplikasi :)

 


Pola 3: Kalo untuk membuat pola ketiga mudah sekali, buat lingkaran di kain perca berdiameter 4cm, kemudian dipotong menjadi dua bagian. Jahit jelujur di setengah lingkaran kemudian tarik pelan hingga membentuk petal, buat lima petal kemudian gabungkan menjadi satu. Beri aksesori ditengahnya, dan jadi lah seperti gambar disamping. Lucu kan? hehe



Nah itulah tutorial sederhana cara membuat kanzashi dari kain perca, bagusnya sih dari kain satin. Tapi mau kain flanes, spandek korea, katun juga tidak apa-apa kok. Semua tetap bagus selama kita rapi menjahitnya, hehe....
So, selamat berkreasi teman-teman :D
Oiya, karena saya lupa memotret hasil karya saya, jadi gambar-gambar di atas saya dapatkan dari pencarian di mbah gugel. Terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar