expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 25 Agustus 2012

Kram perut

Sudah hampir seminggu ini saya sedang rajin berolahraga :)
Seperti biasa, pemanasan, lari-lari kecil, push-up dan juga sit-up. Tapi http://www.emocutez.com Oh My God, baru juga saya sit-up selama semenit, otot perut saya menegang dan kram. Waaaah selama itu terjadi, perut saya menekuk, saya nggak bisa bergerak karena bergerak sedikit rasanya semakin dicengkeram.
Oke, akhirnya saya menutup mata, mencoba untuk sesantai mungkin. Saya mulai mengambil nafas panjang perlahan-lahan dan mencoba untuk melemaskan semua otot dan persendian di tubuh saya. Tapi tampaknya semakin keras saya berpikir, otot perut saya semakin menegang. Gawat. Akhirnya saya (sekali lagi) mencoba menenangkan pikiran. Ketika kamu sedang kram (dibagian tubuh mana saja),  menenangkan pikiran adalah satu-satunya jalan yang terbaik untuk meredakan kram tersebut. Dan, alhamdulilah... setelah berpuluh-puluh detik dicengkeram oleh kram, otot perut saya kembali normal. Tapi saya masih belum bisa bergerak selama beberapa menit karena otot perutnya masih tersugesti untuk kembali kram bila saya terlalu memaksa bergerak.
Sungguh saya sangat heran, sudah 3 hari saya melakukan sit-up dan selalu saja berakhir dengan kram yang sangat menyakitkan. Padahal dulu saya sanggup sit-up selama lebih dari 5 menit. Setelah saya ingat-ingat, ternyata oh ternyata, saya melakukan sit-up setelah selesai makan. Padahal, sangat haram hukumnya sit-up setelah makan, seharusnya minimal 2 jam sesudah makan. Kalau tidak, hasilnya seperti saya, dicengkeram oleh kram perut.
Kenapa ya kok bisa gitu? Hmm... mungkin karena ketika kita baru saja makan, otot di perut (lambung) sedang bekerja untuk mencerna makanan yang kita makan, Sehingga ketika kita berolahraga sit-up yang tujuannya adalah merampingkan perut, kita secara tak sengaja menekan otot perut dan mengganggu sistem kerjanya. Otomatis si perut berontak tuh, ane lagi kerja malah diganggu, gitu kali ya? hahahaha...
Sorry, itu tadi hanya bercanda. Alasan yang lebih jelas silakan bertanya pada orang yang lebih ahli.
Jadi, kesimpulannya, kalau mau berolahraga, jangan lupa untuk melakukan peregangan atau pemanasan dan juga pendinginan (setelah berolahraga). Dan terutama, JANGAN BEROLAHRAGA SETELAH MAKAN. Berolahragalah minimal 2 jam setelah makan. Dan bila mengalami kram, cobalah untuk sesantai mungkin.
Selamat berolahraga :D http://www.emocutez.com

1 komentar:

  1. akhirny ada tmenny jg,td siang sy nyangkul tanah,blum bberapa mnit prut kyk cucian dperet airny,pokony ngg enak bnget deh,prasaan udh ngalorngidul...trnyata pnyebabny sama .. huh ... hruskh kjadian dlu bru searching gugel... trims postngnny ya...

    BalasHapus