expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 17 Juni 2013

Situ Ciburuy


Ada yang udah pernah ke Situ Ciburuy?
Saya sudah, hehe...
Bangga banget ya kayanya? Hehe...
Situ Ciburuy merupakan sebuah danau buatan dan letaknya sangat dekat dari jalan raya Padalarang. Dulu sekali, saya hanya bisa menatap luasnya Situ Ciburuy dari balik jendela bus yang saya tumpangi jika saya hendak pergi ke Bandung. Hingga suatu hari, saya berhasil membujuk seorang teman saya untuk berjalan-jalan dan naik perahu di Situ Ciburuy. Untuk memasuki kawasan Situ Ciburuy, kita harus membayar tiket masuk yang lumayan murah. Dulu waktu saya berkunjung ke sana, Situ Ciburuy sedang mengalami kekeringan. Sehingga airnya tidak terlalu dalam. Tapi tetap saja kami berperahu, hehe...
Bahkan saya pernah melihat air Situ Ciburuy yang menyusut sehingga dasarnya terlihat ketika musim kemarau tiba. Tapi ketika musim penghujan seperti sekarang, air di Situ Ciburuy sangat melimpah.

Situ Ciburuy laukna hese dipancing
nyeredet hate ningali ngeplak caina

Seperti penggalan syair lagu Sunda tersebut, menurut tukang perahu yang kami ajak mengobrol, ikan-ikan di Situ Ciburuy sangat susah di pancing. Hal ini disebabkan karena bibit ikan yang dibiakkan di sana sekarang sudah sangat sedikit sehingga ikan-ikannya pun menjadi sedikit sedangkan para pemancing sangat banyak. Dulu, masih menurut si tukang perahu, pemerintah sering memberikan dana untuk membeli bibit ikan, tapi sekarang sudah jarang. Ada juga inisiatif para warga setempat yang juga menjadikan Situ Ciburuy sebagai tambak udang.
Nah, itulah selintas pengalaman saya ketika mengunjungi Situ Ciburuy. :)

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar