expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 06 Maret 2017

Ke Gontor Putri Lagi

Alhamdulilah, baru seminggu yang lalu saya bisa mengunjungi adik ketiga saya lagi di PMD Gontor Putri 1 di Mantingan, Ngawi, Jawa Timur.
Tapi perjalanan saya kali ini tidak sesingkat perjalanan pertama saya. Saya berangkat Kamis sore, naik bis Pahala Kencana dari agen pusat. Karena hujan (banjir cilencang) jadi macet kemudian entah di daerah mana di wilayah Jawa Tengah ada pengecoran jalan, lumayan panjang, sehingga saya sampai di pondok hari Jumat jam setengah tujuh pagi. Lebih lama sekitar empat jam dari perjalanan pertama. Yah, namanya juga jalanan, tidak bisa diduga hehe...
Nah, tadinya saya berniat untuk menginap di Bapenta putri, tapi ternyata, ruangan tersebut sudah penuh. Karena Jumat adalah hari libur bagi santri jadi banyak wali santri yang datang mengunjungi anaknya. Mereka juga kan ingin menghabiskan waktu lebih lama bersama anak mereka. Saya menunggu hingga siang, berharap ada yang pulang. Ternyata, yang ada malah tambah penuh, hiks... Akhirnya saya pergi ke kantor yang menyewakan wisma dan gazebo. Eeeeh, wisma dan gazebo pun sudah penuh terisi, hiks...
Saya pun bertanya ke satpam, alhamdulilah pak satpamnya menunjukkan sebuah rumah warga yang biasa dijadikan tempat bermalam para wali santri. Saya pun segera menyewa sebuah kamar. Rumahnya persis di depan gerbang masuk GP 1. Harga per malamnya relatif murah menurut saya, hanya 50 ribu rupiah dengan fasilitas kamar mandi bersama (di luar kamar), kipas angin, dan tentunya listrik hehe... Tapi saya lupa mengambil foto kamar yang saya tempati kemarin.
Saya pulang naik kereta api Kahuripan yang berangkat jam 16.46 di jadwal. Tapi ternyata, kereta tiba dan berangkat lebih cepat beberapa menit dari jadwal. Alhamdulilahnya saya bisa datang tepat waktu. Dari GP 1 tinggal naik ojek ke stasiun walikukun, bila pengemudi ojeknya agak sedikit cepat, perjalanan ke stasiun bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit saja.
Oiya, sudah tahu tentunya kan kalau ingin memesan tiket kereta api sekarang bisa dilakukan secara online, bisa dilakukan di website resmi kereta api indonesia, bisa juga di alfamart, indomaret dan juga kantor pos atau perusahaan lain yang bekerja sama.
Nah, saya kemarin mencoba membeli tiket online sendiri. Setelah cek pemberangkatan (tanggal pemberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, jumlah penumpang) nanti ada nama kereta api dengan tujuan tersebut. Untuk jurusan stasiun Walikukun hingga ke stasiun Kiaracondong sendiri ada tiga, Pasundan, Kahuripan, dan Mutiara Selatan. Teman-teman tinggal memilih kereta yang diinginkan sesuai jam yang diinginkan. Karena ketiga kereta tersebut berangkat di tiga waktu yang berbeda. Kalau saya tidak salah ingat, Pasundan berangkat jam 12 siang tiba jam 12 malam juga, Kahuripan jam 16.46 tiba jam 03.36 dan Mutiara Selatan jam 22.46 tiba jam 10-an. Kalau saya sih, lebih milih yang berangkat sore dan tiba dini hari. Daripada berangkat siang tapi nyampe tengah malam atau sebaliknya hihihi...
Oke, setelah memilih kereta (kahuripan) saya lanjutkan dengan mengklik tombol memesan, nanti ada kolom yang harus diisi dengan benar sesuai KTP. Setelah itu nanti ada konfirmasi data, dan ini nih yang paling ditunggu, tempat duduk. Saya diberi gambaran tempat duduk yang akan saya tempati. Saya baca di beberapa blog, untuk kereta ekonomi (seperti Kahuripan dan Pasundan) tidak bisa memilih tempat duduk padahal kereta tersebut seat-nya 2-3. Tapi ternyata, saya bisa memilih tempat duduk sesuai yang saya inginkan, tentu saja dengan catatan masih ada kursi yang kosong hehe...
Jadi begitulah, sekarang, tampaknya saya lebih senang memesan tiket kereta sendiri. Karena konfirmasi pembayaran dikirimkan via email, saya pun tidak takut akan kehilangan kartu pembayaran yang sudah saya print, karena tinggal mengakses email saya, lalu menscan barcode atau memasukkan kode booking untuk mencetak tiket asli saya.