expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kamis, 14 Juni 2012

Perawatan Soft Lens

Membahas kembali tentang softlens atau lensa kontak, temen temen blogger pasti sudah banyak yang membahas tentang cara memakai dan melepaskan softlens. Sebenernya susah-susah gampang sih, tapi yang terpenting adalah kebersihan tangan kita sendiri. Alasannya? Tentu saja untuk menjaga kebersihan lensa kontak kita, agar tak ada (baca: meminimalkan) kuman.
Kenapa hal itu penting? Karena lensa kontak bersentuhan langsung dengan salah satu indera terpenting kita, yaitu mata. Bayangkan kalo kita memakai lensa kontak saat tangan kita sedang kotor? Whuaaaa sudah pasti, mata kita yang jadi korbannya..... (hiiiy... takuuuuuut)
Pada awalnya saya memang tidak terlalu banyak tahu tentang lensa kontak, ditambah ibu saya melarang untuk mempergunakan lensa kontak (lagi). Yah, wajar sih, ibu terlalu sering mendengar siaran radio yang isinya tentang kecelakaan saat menggunakan lensa kontak. Sebenernya itu sih tergantung pada si pemakainya sendiri. Sekali lagi, bila kita apik dalam menggunakan lensa kontak, rajin menghubungi dokter mata (minimal 6 bulan sekali), menjaga kebersihan lensa kontak dan tempat penyimpanannya, serta mengganti softlens apabila sudah masuk waktu kadaluarsa, insya Allah tidak terjadi apa-apa selain kita tambah cantik (haaaaa pede!!!)
Salah satu cara untuk menjaga kebersihan softlens ialah dengan membersihkan softlens setelah dipergunakan dan mencuci tempat penyimpanan nya lalu merendam softlens itu dalam larutan pembersih. Tapi ternyata, masalah bisa terjadi tidak hanya dari ketidakcocokan jenis softlens ataupun kadar air softlens dengan mata, melainkan bisa juga dari cairan pembersih softlens itu sendiri (nah lo?!).
Itulah yang saya hadapi beberapa waktu lalu. Cairan softlens saya sudah habis, lalu saya memesan pada seorang teman, dan nggak merhatiin merknya. Alhasil, ketika menggunakan softlens, mata saya selalu meneteskan air,seolah-olah sedang menangis. (Padahal waktu itu saya sedang jalan-jalan sendiri, jadinya semua orang melihat dengan heran,malunya.... huhuhu)
Karena waktu itu saya nggak tau, akhirnya saya nggak pake pake lagi tuh softlens (karena saya anggap softlens saya yang nggak cocok).
Jadi, buat temen temen yang mau mencoba softlens, jangan lupa untuk mencoba cairan pembersih softlensnya juga ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar